Penggunaan Username atau Identitas di Forum

Semua orang pasti punya nama sebagai identitas termasuk untuk kegiatan yang berkaitan dengan dunia maya. Orang akan diwajibkan memakai sebuah nama (username) dalam layanan internet sebagai identitas untuk menggunakan layanan-layanan yang ada di internet seperti email, komunitas, bisnis online, dan sebagainya.

Penggunaan Username di Forum Bersosial

Identitas atau username bebas dipilih sesuai dengan keinginan meskipun terkadang ada peraturan yang telah ditentukan oleh beberapa layanan seperti jumlah dan pemakaian karakter tertentu, tidak boleh sama, unik, dll. Meskipun terlihat sepele, namun akan berakibat fatal jika salah menggunakannya pada layanan tertentu.

Penggunaan Username di Forum Bersosial.com

Forum bersosial.com memiliki aturan tentang penggunaan username. Hal ini dimaksudkan agar forum terlihat bersih dari kesan spam dan agar lebih manusiawi. Selain itu, bersosial.com akan mencoba memberi nilai lebih kepada blogger maupun pemain internet secara umum.

Pemilihan username memang hak anda, namun bersosial.com memiliki peraturan juga yaitu:

  • Dilarang menggunakan nama anggota (username) dengan nama domain (URL) atau kata-kata yang tidak layak serta dilarang menggunakan foto profil yang tidak semestinya (gambar tokoh pahlawan, pejabat negara, mengandung kekerasan, ketelanjangan).
  • Dilarang menggunakan menggunakan keyword. Jika kamu memiliki domain Example.com maka boleh menggunakan nama Example.

Bersosial.com telah menonaktifkan/menghapus member yang menggunakan username dengan nama url seperti: Namadomain.com, keyword umum seperti: Toko Obat Kuat, Jual Baju Murah, dll.

Mengapa Hal Ini Perlu

Bagi yang menginginkan bersosial.com sebagai tempat share, mencari backlink, mencari ilmu, mencari teman, sebaiknya mengikuti peraturan yang berlaku.

Menggunakan keyword sebagai username dengan anggapan akan menambah popularitas, memperkuat situs, SEO merupakan tindakan (maaf) keliru. Bagi orang yang paham SEO atau marketing bisnis online mungkin akan tertawa jika mengetahui member menggunakan keyword sebagai username.

Menggunakan identitas keyword justru akan menjatuhkan bisnis yang dikelola. Google pun mengisyaratkan penggunaan keyword berlebihan akan tersingkir dari persaingan SERP.

Jika anda di sini pakai keyword. di tempat lain juga sama, berkomentar di blog juga sama, berapa keyword yang akan terlacak? Apalagi keyword tersebut ada link ke website. Bahkan spammer bule yang masuk ke forum bersosial saja menggunakan identitas wajar (bukan keyword)

Selain itu, penggunaan username yang tidak wajar akan memberikan kesan spammer bagi Anda. Juga keakraban sulit terwujud. Bagaimana member lain akan menyapa anda? Masa sih... "Hai Baju murah, saya punya sesuatu untukmu.."

Lantas username yang benar itu, bagaimana?

Gunakan yang wajar, nama umum, nama panggilan atau alias jika masih malu menggunakan nama sendiri. Jika anda pebisnis online, lebih baik gunakan nama brand untuk memperkuat posisi. Lebih tepat menggunakan nama "bersosial" daripada "forum Indonesia keren", lebih bagus pakai Samehadaku daripada "situs anime"

Jangan sekali-kali menggunakan tambahan kata umum seperti baik, keren, top, murah, jual apalagi dipisah seperti "Jual Baju Murah". Percayalah, situs atau bisnis anda tidak akan turun jika menggunakan identitas wajar.

Artikel terkait