Mengenal Warna Baret dan Lambang Pasukan TNI

Atribut merupakan salah satu jenis pelengkap yang digunakan oleh para aparatur negara. Salah satu atribut yang paling menonjol ialah baret. Setiap satu keamanan baik polisi maupun tentara mempunyai baret yang berbeda-beda untuk membedakan tugas mereka masing-masing. 

Warna Baret dan Lambang Pasukan TNI
Untuk mendapatkan atribut baret sendiri bukanlah hal mudah. Bagi seorang TNI misalnya, membutuhkan stamina yang prima, cerdik, cerdas dan gesit. Saat lulus menjadi TNI inilah para anggota akan diberikan baret sesuai dengan tugas mereka masing-masing.
Untuk mengenal lebih jauh mengenai warna baret TNI, silahkan simak ulasan artikel berikut ini.

Kostrad (Komando Cadangan Strategi Angkatan Darat)

Kostrad mengenakan baret berwarna hijau yang memiliki lambang Cakra Sapta Agni. Pasukan ini masih termasuk dari Infanteri. Jumlah pasukan kostrad dirahasiakan. Meski begitu, mereka selalu siap bertugas jika ada perintah. 

Kopassus (Komando Pasukan Khusus)

Kopassus mengenakan baret berwarna merah dengan lambang Tribuana Chandraca Satya Dharma. Pasukan kopassus masih bagian dalam Infanteri. Anggota kopasus biasanya punya kemampuan khusus, seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, hingga mengintai. 

Infanteri

Infanteri mengenakan baret berwarna hijau yang memiliki lambang Yudha Wastu Pramuka. Infanteri, merupakan pasukan pejalan kaki yang diberikan persenjataan ringan. Pasukan ini dilatih untuk melakukan serangan jarak dekat. Pasukan ini harus memiliki kemampuan bertarung, menembak, dan bertempur di segala kondisi. 

Kavaleri

Kaveleri yang dijuluki pasukan lapis baja ini menggunakan baret berwarna hitam dengan lambang Tri Daya Cakti. Kavaleri, merupakan pasukan yang menyerang dengan kendaraan. Zaman dulu, pasukan kavaleri menunggang kuda sebagai kendaraan mereka. Kini, pasukan kavaleri menggunakan kendaraan lapis baja (tank dan panser). 

Armed (Artileri Medan)

Armed menggunakan baret berwarna coklat dengan lambang Tri Sandhya Yudha. Orang yang berada di dalam pasukan ini biasanya ditugaskan membantu pasukan Infanteri dari jarak jauh. Caranya dengan menghancurkan wilayah lawan menggunakan senjata berat, seperti meriam. 

Arhanud (Artileri Pertahanan Udara)

Arhanud mengenakan baret berwarna coklat dengan lambang Vyati Rakca Bhala Cakti. Pasukan ini tugasnya menahan serangan pesawat tempur milik musuh. Pasukan ini mulai ada saat Perang Dunia I berlangsung. Kala itu, pesawat tempur yang dilengkapi senjata mulai digunakan. 
Mengenal Warna Baret dan Lambang Pasukan TNI

Source: Mengenal Warna Baret dan Lambang Pasukan TNI

Artikel terkait