Inilah perbedaan ikan tuna, tongkol, dan cakalang

Indonesia sebagai negara kepulauan sangat kaya akan hasil lautnya. Berbagai jenis ikan melimpah ruah di bumi pertiwi ini. Maka tak heran jika ikan selalu menjadi kudapan andalan bagi masyarakat di tanah air. 

Inilah perbedaan ikan tuna, tongkol, dan cakalang
Tentu pernah mengkonsumsi ikan tuna, tongkol, dan cakalang. Namun,tahukah Anda perbedaan yang terdapat dari ketiga jenis ikan laut ini? Untuk mengetahuinya, silahkan simak ulasan mengenai perbedaan ikan tuna, tongkol, dan cakalang dalam artikel ini. Untuk segi penampilan, ikan tuna, tongkol, dan cakalang dapat dibedakan berdasarkan warna dan ukuran tubuhnya. Ketiganya memang memiliki penampilan yang mirip. Ikan tuna berwarna perak di seluruh tubuhnya. 
Ciri ikan tuna adalah garis hitam di bagian atas. Daging ikan tuna berwarna merah muda. Dibandingkan tuna, ikan cakalang memiliki penampakan yang tak jauh berbeda. Bentuk tubuh tuna dan cakalang hampir sama.Namun, warna kulit ikan cakakang lebih gelap dan ada garis hitam membentang pada tubuhnya. Di lain sisi, ikan tongkol memiliki warna tubuh yang paling berbeda, yakni biru metalik. Ikan tongkol juga memiliki garis hitam yang mirip seperti ikan cakalang, tetapi garis ini tidak setebal garis yang ada pada ikan cakalang. 
Ukuran ketiga jenis ikan ini juga berbeda. Ikan tuna dewasa yang diambil dari laut lepas dapat mencapai berat 35—350 kilogram. Berat ini cukup masuk akal bagi ikan tuna karena bayi ikan tuna saja dapat mencapai berat hingga 5 kilogram. Ikan tongkol dan ikan cakalang yang ditangkap nelayan dari laut hanya seberat bayi ikan tuna. Namun, ukuran ikan tongkol masih lebih kecil jika dibandingkan ikan cakalang. Ikan tongkol dewasa panjangnya hanya mencapai 60 cm. Karena kemiripan kedua jenis ikan ini, ikan cakalang kadang dijuluki sebagai ikan tongkol putih.
 Dari segi rasa dan tekstur, ketiga jenis ikan ini dapat dibedakan dengan cukup mudah. Ikan tuna memiliki tesktur daging yang paling halus dan lembut. Selain itu, rasanya juga lebih enak. Tapi ingat ada Makanan yang Berbahaya Jika Dipanaskan Kembali. Ikan cakalang memiliki tekstur daging yang tidak begitu halus, tetapi tidak sekasar ikan tongkol.
Inilah perbedaan ikan tuna, tongkol, dan cakalang

Source: Inilah perbedaan ikan tuna, tongkol, dan cakalang

Artikel terkait