Inilah 5 Makanan yang Berbahaya Jika Dipanaskan Kembali

Tipikal orang Indonesia memang kebanyakan suka untuk menghangatkan kembali makanan yang telah dingin. Selain karena sudah menjadi kebiasaan karena makanan yang dingin rasanya sudah tidak enak untuk disantap, beberapa orang juga menganggap bila memanaskan makanan adalah salah satu bentuk mencegah mubazir akan makanan.

Makanan yang Berbahaya Jika Dipanaskan Kembali

Makanan yang Berbahaya Jika Dipanaskan Kembali

Dari prinsip tersebut maka muncullah kebisaan memanaskan makanan hingga hari ini. Namun, tahukah Anda jika memanaskan makanan bisa berbahaya. Untuk itu, kami sajikan informasi berikut mengenai 5 makanan berbahaya jika dipanaskan kembali.

1. Sayuran berdaun hijau

Jika Anda meyisakan makanan berbahan dasar sayuran berdaun hijau seperti bayam, wortel, lobak, atau seledri, sebaiknya. Sayuran tersebut dipercayai mengandung senyawa nitrat yang sangat tinggi. Ketika dipanaskan senyawa ini akan berubah menjadi racun dan melepaskan sifat karsinogenik. Zat inilah yang meningkatkan risiko kanker pada tubuh Anda.

2. Nasi

Anda mungkin terkejut saat mengetahui bahwa nasi menjadi salah satu jenis makanan yang masuk dalam kategori ini. Menurut laporan Food Standards Agency (FSA), seseorang bisa menderita keracunan makanan jika mengonsumsi nasi yang sudah dipanaskan. Ini karena adanya bakteri bacillus cereus yang dapat menghasilkan spora beracun

3. Telur

Telur matang atau telur rebus dapat menyebabkan penyakit serius ketika dihangatkan kembali. Pasalnya, makanan berprotein tinggi juga mengandung banyak nitrogen. Kandungan inilah yang dapat meningkatkan risiko kanker jika teroksidasi ketika makanan dipanaskan kembali.

4. Ayam

Sebagian besar orang tentu saja, ayam merupakan salah satu makanan terlezat yang ada di muka bumi ini. Apalagi jika diolah dengan campuran berbagai bumbu rempah-rempah atau yang kita kenal dengan nama gulai. Namun perlu Anda ketahui, makanan ini sebaiknya tidak dipanaskan kembali karena komposisi protein yang terkandung di dalamnya bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaan.

5. Kentang

Kentang sering dijadikan makanan pokok karena proses pengolahannya yang cenderung praktis dan mudah untuk disimpan. Sayangnya, Anda perlu berpikir lagi jika ingin menghangat makanan berbahan dasar kentang. Makanan ini memang kaya akan vitamin B6, kalium, dan vitamin C, namun kandungan tersebut dapat menghasilkan clostridium botulinum (bakteri yang menyebabkan botulism) ketika dipanaskan kembali.
5 Makanan yang Berbahaya Jika Dipanaskan Kembali

Source: Inilah 5 Makanan yang Berbahaya Jika Dipanaskan Kembali

Related Posts