Gejala-gejala Alam yang Bisa Terjadi di Sekitar Kita

Indonesia merupakan negara yang dilalui oleh cincin api Pasifik dan sabuk Alpide. Indonesia berada tepat di permukaan pertemuan lempeng-lempeng tektonik. Akibat pergerakan lempeng-lempeng tersebut menjadikan Indonesia rutin dilanda bencana alam seperti longsor, gempa, banjir dan lain-lain.

Gejala-gejala Alam di Sekitar Kita

Gejala-gejala Alam di Sekitar Kita

Letak geografis itu pulalah yang menyebabkan Indonesia sangat rawan dilanda bencana alam. Karena Anda termasuk masyarakat yang berada di wilayah Indonesia maka ada baiknya untuk mengenal gejala-gejala alam yang bisa saja terjadi di sekitar Anda. 1. Gempa bumi Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi yang disebabkan oleh tumbukan antar lempeng bumi, patahan aktif, akitivitas gunung api atau runtuhan batuan. Gempa bumi aceh pada tahun 26 Desember 2004 merupakan peristiwa yang memakan banyak korban jiwa. Gempa berkekuatan 9,1 hingga 9,3 Skala Richter dari dasar laut sebelah Barat Aceh, setelahnya diikuti dengan tsunami yang memporak-pondakan Aceh dan sekitarnya. 2. Letusan gunung api Letusan gunung api ialah bagian dari aktivitas vulkanik yang dikenal dengan istilah "erupsi". Bahaya letusan gunung api bisa berupa awan panas, lontaran material (pijar), hujan abu lebat, lava, gas racun, tsunami dan banjir lahar. 3. Tsunami Tsunami merupakan serangkaian gelombang omak laut raksasa yang muncul karena terjadinya pergeseran dari dasar laut akibat adanya gempa bumi. Tsunami itu sendari berasal dari bahasa Jepang yang berarti gelombang ombak lautan ("tsu" berarti lautan, "nami" berarti gelombang ombak). Inilah Ciri-ciri Akan Terjadi Tsunami
4. Tanah longsor Tanah longsor adalah salah satu jenis gerakan massa tanah atau batuan, ataupun percampuran keduanya, menuruni atau keluar lereng akibat terganggunya kestabilan tanah atau batuan penyusun lereng. 5. Kekeringan Kekeringan adalah ketersediaan air yang jauh di bawah kebutuhan air untuk kebutuhan hidup, pertanian, kegiatan ekonomi dan lingkungan. Adapun yang dimaksud kekeringan di bidang pertanian adalah kekeringan yang terjadi di lahan pertanian yang terdapat tanaman (padi, jagung, kedelai dan lain-lain) yang sedang dibudidayakan. 6. Kebakaran hutan Kebakaran hutan dan lahan adalah suatu keadaan di mana hutan dan lahan dilanda api, sehingga mengakibatkan kerusakan hutan dan lahan yang menimbulkan kerugian ekonomis dan atau nilai lingkungan. Kebakaran hutan dan lahan seringkali menyebabkan bencana asap yang dapat mengganggu aktivitas dan kesehatan masyarakat sekitar.
Gejala-gejala Alam yang Bisa Terjadi di Sekitar Kita

Source: Gejala-gejala Alam yang Bisa Terjadi di Sekitar Kita

Related Posts