Domain Wisatasiana.com Akhirnya Bisa Didapat Kembali

Domain Wisatasiana.com ini awalnya punya teman namun nggak terurus dan akhirnya dilimpahkan kepada saya. Niche atau topik seputar wisata.

Sebenarnya saya punya blog wisata yaitu Kanal Wisata yang intinya sama-sama ber-niche wisata. Mau diterima atau tidak, masih bingung karena perlu artikel-artikel yang berkaitan wisata lebih banyak lagi. Akhirnya saya menerima dan mulai mengisi blog wisatasiana sekitar tahun 2015 yang lalu.

Fokus utama tetap di kanalwisata.com sehingga wisatasiana kurang terurus. Bahkan saat perpanjangn domain lupa memperpanjang.

Akhirnya domain tersebut diambil alih oleh orang lain. Saya coba cek domain, situs-nya entah berbahasa Jepang atau Cina.

Beruntung ada backup sehingga artikel-artikel yang ada di wisatasiana saya tambahkan ke kanal wisata.

Beberapa waktu yang lalu, iseng-iseng buka situs wisatasiana yang telah diambil orang, ternyata error. Domain sudah tidak digunakan lagi.

Akhirnya saya berinisiatif mencoba mendaftarkan kembali, dan berhasil. www.wisatasiana.com akhirnya bisa saya dapatkan kembali.

Selanjutnya adalah, artikel-artikel di kanal wisata yang dulunya artikel dari wisatasiana saya transfer lagi. Lumayan banyak. Hanya masalahnya, apakah artikel tetap mulai tahun 2015 atau dibuat baru?

Saat tulisan ini dibuat, proses pengembalian artikel masih berlangsung terutama untuk arsip yang belum sempat diterbitkan di kanal wisata yang jumlahnya ada sekitar 60 artikel.

Dan saya memutuskan untuk mulai pada Januari 2020. Jika sudah ada 100 artikel (tambahan) maka akan saya coba monetisasi dengan daftarkan ke Adsense.

Related Posts